Pages

Monday, November 12, 2018

Soal Video Sandiaga Langkahi Makam, Fadli Zon: Dampaknya Bagi Bangsa Apa?

Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Nasyirul Fallah Amru menilai tindakan Sandiaga Uno dianggap melanggar tradisi yang tidak hanya berlaku di NU, tapi juga di masyarakat Indonesiasecara umum.

"Secara etika, Sandiaga Uno melanggar unggah-ungguh (tata krama) kita. Masyarakat NU tersinggung karena makam ulamanya dilangkahi. Itulah akibatnya kalau pemimpin tidak paham kultur politik bangsanya,” kata ucap Nasyirul dalam keterangan tertulis, Senin (12/11/2018).

Pria yang kerap disapa Gus Falah itu menyampaikan, seseorang harus menjaga etika ketika berziarah atau menabur bunga di makam leluhur. Dia menyayangkan jika Sandiaga tidak mengetahui adab ziarah hingga melangkahi makam ulama terkemuka NU tanpa perasaan bersalah.

Dia menjelaskan, dalam sebuah hadits disebutkan, sesungguhnya seseorang yang duduk di atas bara api, lalu membakar pakaian hingga menyisakan kulitnya lebih baik baginya daripada duduk di atas sebuah kuburan.

"Sebenarnya dia tahu enggak sih etika ziarah makam leluhur? Apa yang diperlihatkan Sandiaga dengan melangkahi makam Kiai Bisri itu bukan cermin menghormati leluhur," ujar Sekretaris Umum Baitul Muslimin Indonesia tersebut.

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Sandiaga Uno menyampaikan himbauan untuk berbicara santun kepada para pendukungnya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2OH8qtw

No comments:

Post a Comment