Pages

Monday, October 1, 2018

77 Korban Meninggal Gempa dan Tsunami Palu Belum Teridentifikasi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Luar Negeri mencatat 114 warga negara asing (WNA) sedang berada di Pulau Sulawesi saat gempa Palu dan Donggala terjadi. Sebanyak 7 orang di antaranya belum diketahui keberadaan dan kondisinya hingga Senin (1/10/2018) siang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, enam dari tujuh WNA ini merupakan warga Prancis. Sisanya merupakan warga negara Belgia. Terakhir, mereka diketahui sedang berada di Palu dan Donggala.

Sementara, satu WNA lainnya yang menjadi korban gempa Palu dan Donggala diduga masih tertimbun di bawah reruntuhan Hotel Roa Roa. Dia adalah warga negara Korea Selatan.

"1 WNA Singapura, dievakuasi selamat; 2 WNA Belgia, 1 di Jakarta 1 belum diketahui; 1 Korsel diduga berada di runtuhan Hotel Roa Roa, 6 WNA Prancis kondisi belum diketahui," kata Sutopo dalam konferensi persnya, di Jakarta, Senin.

Dia menuturkan 1 WNA Spanyol berada di Ternate dalam kondisi selamat; 3 warga Malaysia, 1 di bandara, 1 di rumah sakit.

"10 WNA Vientam di posko bandara, kemungkinan dievakuasi di Makassar; 32 WNA Thailand di Palu, 15 di bandara, 17 menunggu evakuasi; 21 WNA Tiongkok di Palu; 7 WNA Srilangka aman; 9 WNA Belanda aman dan berada di Donggala; 20 WNA Jerman, 2 di bandara, 17 di Donggala, 1 WNA Swiss di Donggala," tutur Sutopo.

Untuk evakuasi WNA korban gempa di Palu dan Donggala, BNPB sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri. 

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Presiden Joko Widodo pantau langsung gempa bumi 7,4 magnitudo di Donggala, Palu dan sekitarnya. Jokowi meminta seluruh jajaran bersiaga menjaga kemungkinan yang terjadi. (Video: Septian Deny)

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2P3pTNB

No comments:

Post a Comment