Pages

Tuesday, October 2, 2018

Membangun Motor Kustom Tidak Sekedar Copy-Paste Saja

Liputan6.com, Surabaya - Perkembangan motor kustom di Tanah Air tujuh tahun belakangan berkembang dengan pesat. Banyak builder-builder muda bermunculan, serta menghasilkan karya terbaik yang bahkan levelnya sudah bertaraf internasional dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dijelaskan Lulut Wahyudi, pergerakan skena motor kustom di Indonesia memang sudah menyebar hingga pelosok nusantara. Namun, terlalu berlebihan jika penyebaran motor kustom sudah merata, dan tidak hanya didominasi kota-kota besar seperti Yogyakarta, Bali, Bandung, dan Jakarta.

"Namun di luar pulau, mereka (builder) mulai belajar. Paling penting, memberikan arahan yang benar jangan sampai anak-anak muda dalam berkarya sifatnya hanya meng-copy," jelas Lulut, Builder Retro Classic Cycle Yogyakarta di Surabaya, akhir pekan lalu.

Lanjut Lulut, membangun motor kustom tidak hanya melihat yang bagus, lalu direplika. Harus mulai ditanamkan untuk menuangkan ide, dan mewujudkan ide tersebut.

"Yang membedakan builder Indonesia dan di luar apa? Konsep yang membumi dengan akar budaya, itu yang membuat motor kustom kita berbeda. Bakal susah melihat motor kustom dengan beragam motif ukiran di Indonesia, seperti ulos, batik dibawa ke beberapa motor. Nah, ini yang mulai kita beritahu ke builder muda dengan melakukan sharing session di Suryanation Motorland," tambah Lulut.

Dengan memasukan akar budaya Indonesia di motor kustom bakal memberikan nilai lebih. Hal tersebut, juga bisa menjadi pembeda motor aliran chopper yang dibuat builder Indonesia, Australia, Italia, atau Jepang.

"Jika sudah begitu, bakal jadi kebanggaan dong dengan memasukkan budaya ke motor kustom yang dibangun builder Indonesia," pungkasnya.

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) bersama Kitabisa.com mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2NU2fqx

No comments:

Post a Comment