Pages

Thursday, November 1, 2018

7 Fakta Menarik Piala AFF: Timnas Indonesia Paling Produktif

Thailand tercatat sebagai tim paling sukses sepanjang perhelatan Piala AFF. Negeri Gajah Putih hingga saat ini telah mengoleksi 5 gelar juara dan melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh timnas Singapura dengan empat gelar (1998, 2004, 2007, 2012). 

Gelar pertama Thailand diraih 1996 lalu. Dua gelar berikutnya diraih secara beruntun, yakni pada edisi 2000-2002. Kedua trof tersebut diraih setelah mengalahkan Timnas Indonesia di babak final. Pertama dengan skor 1-4, sedangkan pertemuan berikutnya lewat adu penalti 4-2 setelah bermain imbang 2-2 hingga perpanjangan waktu. 

Thailand gagal melanjutkannya di lima edisi berikutnya. Gajah Putih baru juara lagi pada edisi 2014 sekaligus menyamai rekor Singapura. Sementara gelar kelima diraih dua tahun berikutnya usai mengalahkan Timnas Indonesia di final dengan agregat 3-2.

Selain gelar terbanyak, Thailand tercatat menjadi tim yang paling banyak meraih poin di Piala AFF. Tercatat, Gajah Putih sudah tampil di Piala AFF sebanyak 11 kali.

Secara keseluruhan, Chanathip Songkrasin dan kawan-kawan telah meraih 40 kemenangan, 14 imbang, dan 9 kekalahan. Mereka mengumpulkan 134 poin. Angka ini lebih banyak dari Indonesia dan Vietnam yang sama-sama mengumpulkan 99 poin. 

Sejak Piala AFF digulirkan pada 1996, hanya pemain Thailand, Chanathip Songkrasin yang mendapatkan gelar pemain paling berharga sebanyak dua kali beruntun. Chanathip meraih penghargaan itu pada 2014 dan 2016.

Di setiap edisinya, penghargaan itu selalu silih berganti diberikan kepada pemain berbeda. Firman Utina menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang meraih penghargaan ini.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2JyqwNu

No comments:

Post a Comment