Pages

Wednesday, December 26, 2018

Libur Natal, Jumlah Kendaraan di GT Cikarang Utama Arah Jakarta Naik 59,4 Persen

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ingin menjadikan arus kendaraan pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2019 sebagai evaluasi dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2019.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, di luar dugaan ada beberapa lokasi yang volume kendaraannya meningkat drastis. Salah satunya jalur Lampung hingga ke Palembang.

"Jalan Tol Lampung-Palembang itu alami kenaikan dari 5.000 menjadi 10 ribu kendaraan. Ini kenaikan signifikan. Ini peringatan untuk angkutan Lebaran 2019," kata Budi di kantornya, Rabu (26/12/2018).

Dari hasil evaluasi penyelenggaraan arus Natal, terlihat Pelabuhan Merak juga sempat mengalami kepadatan. Pada akhirnya antrean terjadi di Gerbang Top Merak. Kemacetan itu terjadi karena tidak ada kapal yang bisa bersandar di pelabuhan sebagai dampak surutnya air laut.

Pascaterjadi tsunami di Selat Sunda beberapa hari lalu, pengguna angkutan penyeberangan yang melalui Merak-Bakaheuni turun drastis. Padahal sebelumnya ada peningkatan pada 21-22 Desember 2018.

Untuk jalur darat yang melalui jalan Tol Jakarta-Cikampek, Budi juga mewaspadai terjadinya peningkatan kendaraan setelah tahun baru 2019. Karena belum semua kendaraan yang melalui Tol Cikampek saat libur Natal kembali ke Jakarta.

"Hitungan saya, masih tersisa 57 ribu yang belum kembali ke Jakarta. Perkiraan sampai 1 Januari 2019 puncak arus balik. Semoga tidak macet panjang," pungkas Budi.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2BIyPm8

No comments:

Post a Comment