Pages

Monday, October 1, 2018

Besok, 886 Atlet Asian Para Games 2018 Bakal Diklasifikasi

Liputan6.com, Jakarta - Mulai Selasa hingga Jumat (2-5/10/2018), atlet Asian Para Games 2018 akan melalui proses klasifikasi. Ini dilakukan untuk penentuan tingkat disabilitas.

Kepada Liputan6.com, Direktur Klasifikasi Panitia Asian Para Games 2018, dr Christopher mengatakan, sistem klasifikasi bukan bermaksud untuk merendahkan atau membeda-bedakan para atlet disabilitas. Namun, klasifikasi merupakan bentuk pencarian data terbaik dari atlet itu sendiri.

"Klasifikasi digolongkan agar pertandingannya seimbang. Nantinya, mereka bisa bertanding secara fair play, sesuai dengan kelompoknya masing-masing," ucap Christopher, Senin (1/10/2018).

Nantinya, kata Christopher, para atlet Asian Para Games yang sudah lolos klasifikasi akan dikelompok-kelompokan. Ada sekitar 886 dari 3.883 atlet yang akan menjalani klasifikasi.

"Kelas-kelasnya itu banyak, misalnya di atletik, kan ada tunadaksa, tunanetra, dan tunagrahita. Misalnya tunadaksa, yang sering diperhatikan orang, kan ada yang diamputasi tangan atau kaki, ini murni gangguan otot atau yang lain, semuanya beda," ujarnya.

"Nanti tujuan akhir pemeriksaan itu bagaimana dia bermain. Ini tidak melihat mereka secara pasif, tapi saat aktif juga. Nanti klasifikator akan meminta mereka berlari untuk melihatnya (tingkat disabilitasnya)," kata Christopher melanjutkan.

Namun, kata Christopher, bila seorang atlet sudah menjalani proses klasifikasi di event sebelumnya, mereka tak perlu melakukannya lagi di Jakarta. "Kami hanya mengklasifikasi yang belum punya sertifikat."

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2NVTXyo

No comments:

Post a Comment