Pages

Wednesday, April 10, 2019

5 Jenis Hacker dari Karakter hingga Kegiatannya yang Harus Kamu Waspadai

Liputan6.com, Jakarta Hacker adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam mengolah dan merubah peraturan yang ada pada komputer dan pemrogaman. Hacker atau juga sering disebut peretas dalam bahasa Indonesia adalah orang yang mampu mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk kedalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan. 

Hacker juga sering dikaitkan dengan kegiatan yang negatif dan merugikan karena mereka kebanyakan melakukan pembobolan dari sebuah komputer, jaringan komputer, hingga sebuah web yang terhubung ke internet.

Hacker mulai muncul pada awal tahun 1960-an di mana pada waktu itu terdapat sebuah organisasi mahasiswa bernama Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasaan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlah komputer mainframe.

Pada awalnya kata hacker berkonotasi positif dan bermanfaat bagi orang lain, namun pada sekitar tahun 1983, istilah hacker mulai berkonotasi negatif.

Hal ini terjadi karena pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer yang berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat, yang telah membobol 60 buah komputer dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos.

Hingga sekarang, hacker memiliki jenis dan tujuan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui jenis-jenis hacker dan apa yang mereka lakukan, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum dari beberapa sumber, Senin (8/4/2019).

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2G1kYJT

No comments:

Post a Comment