Pages

Thursday, April 11, 2019

Penyebab HIV, Gejala dan Pengobatannya yang Perlu Diketahui

1. Hubungan Seksual

Memang tidak semua hubungan seksual yang dilakukan dapat menjadi faktor penyebab HIV. Namun hubungan seksual yang berisiko seperti bergonta-ganti pasangan, tidak menggunakan alat pengaman, tidak setia dengan satu pasangan, dan hubungan seksual berisiko lainnya. Virus ini akan masuk ke dalam tubuh melalui cairan yang dikeluarkan melalui alat kelamin, contohnya dari vagina, anus, hingga mulut.

2. Berbagi Jarum Suntik

Berbagi jarum suntik dengan penderita HIV juga bisa menjadi penyebab HIV. Misalnya jarum suntik yang digunakan bersama saat membuat tato, atau saat menggunakan narkoba suntik.

3. Tranfusi Darah

Penyebab HIV selanjutnya adalah tranfusi darah. Penularan HIV dapat disebabkan karena tranfusi darah yang dilakukan oleh pendonor darah yang memiliki virus HIV kepada orang yang tidak memiliki virus HIV.

3. Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui yang terindikasi memiliki virus HIV bisa menularkannya ke janin atau anaknya. Hal ini disebabkan karena ASI berasal dari dalam tubuh sang ibu yang terinveksi virus HIV.

Perlu diketahui, bahwa HIV tidak dapat ditularkan dari sentuhan atau kontak kulit seperti berjabat tangan atau berpelukan dengan penderita HIV. Cairan dalam tubuh seperti ludah, air mata, keringat, juga tidak akan bisa menularkan virus ini.

Namun perlu digaris bawahi, kecuali bila penderita mengalami sariawan, gusi berdarah, atau terdapat luka terbuka di mulut, kemudian menggunakan barang pribadi seperti sikat gigi secara bersama-sama.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2UTxMf2

No comments:

Post a Comment