Pages

Wednesday, April 10, 2019

Bappenas Sarankan DKI Prioritaskan Transportasi Berbasis Rel

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro meminta Pemprov DKI Jakarta dalam penyusuan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020 dapat memfokuskan pada tiga hal. Salah satunya yakni infrastruktur layanan dasar yang mencakupi air bersih dan sanitasi.

"Karena bagaimanapun masih ada warga DKI yang belum menikmati sarana sanitasi yang layak. Khususnya air bersih yang disalurkan melalui rumah tangga," kata Bambang di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019).

Kemudian meminta memfokuskan dalam tranportasi di Ibu Kota. Dia mendukung adanya perubahan perubahan dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

Karena itu, Bambang menyarankan agar memprioritaskan pembangunan transportasi kota berbasis rel.

"Apakah itu di subway dibawah tanah apakah itu LRT, apakah itu commuter pada intinya angkutan umum berbasis rel harus menjadi prioritas," ucapnya.

Selain itu, Bappenas menyarankan agar pembangunan infrastruktur DKI Jakarta hingga 2030 tidak memprioritaskan penggunaan APBD ataupun APBN.

Pembangunan itu mencakup permukiman, transportasi perkotaan hingga infrastruktur.

"Tetapi mengandalkan kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) maupun partisipasi swasta secara penuh," jelasnya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2Urs84n

No comments:

Post a Comment